Mengenal Color Depth



Mengenal Color depth


Pengertian color depth
 
Color depth adalah jumlah bit per pixel yang dapat di tampilkan di layar komputer. Maka semakin banyak bit per pixel, semakin banyak warna yang di hasilkan. Setiap bit mewakili dua warna karena memiliki nilai 0 atau 1.
Contoh color depth
Color depth
Jumlah Warna
Color Mode
1 bit
2
Indexed color
4 bit
16
Indexed color
8 bit
256
Indexed color
24 bit
16777216
True color




            Pada gambar di atas dapat kita dapat mengambil kesimpulan bahwa semakin banyak jumlah bit per pixelnya maka gambar tersebut semakin bagus, karna itu tadi semakin banyak bit per pixel, semakin banyak warna yang di hasilkan.

Menentukan color depth
Karena setiap warna mewakili 2 warna, maka jumlah warna di dapat dari 2 pankat jumlah bit.

Color depth untuk 4 bit:

2 x 2 x 2 x 2 = 16 warna
Color depth untuk 8 bit:
2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 = 256 warna.
Color depth intuk 24 bit :
2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x
2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 = 16.777.216 warna

True color

Gambar yang dikenal sebagai “true color” di mana setiap pixel dalam sebuah gambar warna memiliki 256 nilai untuk masing - masing komponen merah, hijau atau biru (dalam RGB) atau cyan, magenta, kuning dan hitam (dalam CMYK). Karena ada 256 kemungkinan nilai untuk setiap komponen RGB atau CMYK, maka maka RGB akan memiliki color depth 24 bit dan CMYK memiliki color depth 32 bit. Ada jutaan warna yang mungkin untuk setiap pixel dalam gambar Tru Color. Itulah mengapa di sebut “True color”.

Indexed color

Warna dari sebuah “palet” dikenal sebagai “indexed color”. Palet warna dari suatu gambar warna memiliki sejumlah warna tetap. Karena palet terbatas maksimal 256 warna, tidak mungkin di gunakan untuk gambar realistis. Oleh karena itu, mereka bukan Tru Color. Jenis warna ini dikenal sebagai “Indexed color” karena warna dalam palet yang di referensikan oleh nomor indexs yang digunakan komputer untuk mengidentifikasi setiap warna. Beberapa format file membatasi jumlah warna untuk kurang dari 256. Format GIF adalah salah satu format yang memiliki Color depth 8 bit per pixel atau kurang.

Palet Warna dengan Nomor Indeks


Greyscale
 
Gambar greyscale memiliki color depth maksimum 8 bit. Ketika mendefinisikan warna grey dalam RGB, masing masing komponen merah, hijau dan biru harus sama dengan satu sama lain. Karena ketiga komponen sama untuk setiap warna grey hanya ada 256 kemungkinan kombinasi. Dengan demikian, greyscale memiliki kedalaman warna maksimum 8 bit.

   8 bit greyscale   
 

256 warna palet greyscale


  24 bit warna




deni andrean

Kontributor

BelajarGrafika.Com memuat kumpulan materi kegrafikaan yang dirangkum dari berbagai sumber oleh mahasiswa dan alumni Program Studi Teknik Grafika dan mahasiswa Teknologi Industri Cetak Kemasan, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta (TGP-PNJ).