Perbedaan OPTIMIZED PDF dengan PDF STANDARD

Sebelum saya membahas apa perbedaan dari optimized PDF dengan PDF Standard alangkah baiknya apabila saya menjelaskan apa yang dimaksud dengan PDF?

A. Pengertian PDF
Portable Document Format (PDF) adalah standar terbuka untuk pertukaran dokumen. Format file ini diciptakan oleh Adobe Systems pada tahun 1993 digunakan untuk mewakili dokumen secara independen dari aplikasi perangkat lunak, perangkat keras, dan sistem operasi . Setiap file PDF merangkum deskripsi lengkap dari dokumen tata letak tetap datar, termasuk teks, font, grafis, dan informasi lainnya yang diperlukan untuk menampilkannya.

Pada tahun 1991 Adobe Systems pendiri John Warnock diuraikan sistem yang disebut "Camelot" yang berkembang menjadi Portable Document Format (PDF).

Sementara spesifikasi PDF yang tersedia secara gratis setidaknya sejak 2001, PDF awalnya format proprietary dikendalikan oleh Adobe, dan secara resmi dirilis sebagai standar terbuka pada 1 Juli 2008, dan diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi ISO 32000-1:2008. Pada tahun 2008, Adobe diterbitkan Lisensi Paten Publik ISO 32000-1 pemberian hak bebas royalti untuk semua paten yang dimiliki oleh Adobe yang diperlukan untuk membuat, menggunakan, menjual dan mendistribusikan PDF compliant implementasi

Adopsi PDF pada hari-hari awal sejarah format itu lambat Adobe Acrobat, Adobe suite untuk membaca dan membuat file PDF, itu tidak tersedia secara bebas;. Versi awal PDF tidak memiliki dukungan untuk hyperlink eksternal, mengurangi kegunaannya di Internet ; ukuran yang lebih besar dari dokumen PDF dibandingkan dengan teks biasa yang diperlukan kali lebih lama download lewat modem lambat umum pada saat itu; dan rendering file PDF adalah lambat pada mesin kurang kuat hari.

Selain itu, ada format bersaing seperti DjVu (masih berkembang), Utusan, Ground Kertas Digital umum, Farallon Replica dan bahkan Adobe sendiri PostScript format (ps.); Pada tahun-tahun awal, PDF sangat populer terutama di alur kerja desktop publishing.

Adobe segera mulai mendistribusikan nya Acrobat Reader (sekarang Adobe Reader) program tanpa biaya, dan terus mendukung PDF asli, yang akhirnya menjadi standar de facto untuk dokumen cetak di web (dokumen web standar).

Kelebihan File PDF
Jika dibandingkan dengan format dokumen lain seperi MS Word, PDF tentu lebih aman dan dapat didistribusikan atau dibuka di PC manapun dengan tampilan yang sama asalkan sudah terinstall software PDF reader, file ini sulit untuk diedit kecuali kita memiliki aplikasi PDF editor dan itupun jika tidak diberi password, karena untuk menjaga kemanan file PDF kita dapat memberikan hak akses terbatas misal hanya dapat dibaca tanpa bisa diedit atau dicetak dengan menggunakan aplikasi PDF Locker.

B. OPTIMIZED PDF
Yang artinya "dioptimalkan" yang berarti dokumen PDF dengan ukuran file berkurang.

Jika Anda mengedit dan menyimpan dokumen PDF, Anda mungkin memperhatikan bahwa ukuran file akan meningkat. Alasannya jelas semua perubahan dilakukan dalam sesi editing disimpan dalam dokumen PDF . Jadi bahkan jika Anda melakukan tindakan yang biasanya akan mengurangi ukuran file PDF Anda, seperti menghapus objek atau downsampling gambar, menyimpan dokumen PDF akan meningkatkan ukuran file-nya. Dan peningkatan ini dapat menjadi signifikan, tergantung pada jenis tindakan dan jumlah sesi editing yang Anda lakukan.

Jika ukuran file atau menjadi masalah, Anda dapat "mengoptimalkan"  PDF Anda dengan menggunakan fungsi Save As dari Adobe Acrobat untuk mengurangi ukuran file-nya. Anda kemudian akan masih memiliki dokumen PDF dengan informasi sejarah tentang sesi editing sebelumnya, tapi Anda tidak akan lagi dapat:
Menggunakan mekanisme roll-kembali untuk kembali ke keadaan sebelumnya dokumen PDF Anda
Membandingkannya

C. PDF STANDARD
PDF / X adalah bagian dari PDF standar ISO. Tujuan dari PDF / X adalah untuk memfasilitasi grafis pertukaran, dan karena itu memiliki serangkaian kebutuhan pencetakan terkait yang tidak berlaku untuk file PDF standar. Misalnya, di PDF / X-1a semua font harus tertanam dan semua gambar harus CMYK atau tempat warna. PDF / X-3 hanya menerima suatu dikalibrasi RGB dan CIELAB warna, sementara tetap mempertahankan sebagian besar pembatasan lain dari PDF / X-1a.

PDF / X file tidak hanya harus mengikuti pembatasan tertentu, mereka juga harus berisi identifikasi file khusus, dalam PDF, yang mengatakan yang PDF / X versi mereka. Ini berarti bahwa file hanya dapat sesuai dengan standar PDF / X tunggal tertentu, bahkan jika semua persyaratan lainnya terpenuhi.

Kondisi pencetakan atau output niat perlu ditentukan dalam file. Hal ini dapat ditentukan dalam bentuk profil standar menggunakan kode, seperti "CGATS TR 001 SWOP".

Dalam file PDF / X yang memiliki warna dikelola Data setiap warna berhasil grafis mendapat profil warna sendiri, jadi meskipun file secara keseluruhan adalah CMYK, grafis individu mungkin RGB (dengan informasi kalibrasi).
konten aktif tidak diperbolehkan dalam file PDF / X. Ini berarti bahwa fitur PDF standar seperti bentuk, tanda tangan, komentar dan suara tertanam dan film tidak diperbolehkan dalam PDF / X. Fitur yang dilarang dalam standar PDF / X kadang-kadang dapat digunakan, jika mereka tidak mempengaruhi render file.

Sumber :
http://www.enfocus.com/manuals/ReferenceGuide/PP/10/enUS/en-us/concept/c_aa1114587.html



Risya Kusna Putri

Kontributor

BelajarGrafika.Com memuat kumpulan materi kegrafikaan yang dirangkum dari berbagai sumber oleh mahasiswa dan alumni Program Studi Teknik Grafika dan mahasiswa Teknologi Industri Cetak Kemasan, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta (TGP-PNJ).