Mengatasi Missing Font pada final Artwork



Assalamualaikum Wr. Wb. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang beberapa cara mengatasi missing font pada final Artwork

Suatu saat mungkin kita pernah mengalami beberapa kejadian Missing font pada suatu final ArtWork, dimana pada beberapa bagian atau mungkin semua teks menjadi berubah atau mungkin bisa di bilang berantakan ketika kita mencoba membuka menggunakan komputer lain. Hal ini bisa diakibatkan oleh komputer yang di gunakan tidak memiliki font seperti yang ada di komputer si pembuat. Karena tidak semua jenis font terdapat pada sebuah komputer.

Sesungguhnya hal ini sangat mudah di atasi, kita hanya membutuhkan beberapa cara atau langkah untuk mengubah font (Convert Font)  menjadi Vector. Font tersebut akan terbaca oleh komputer lain sebagai Vector (bukan Font).
Sebaiknya sebelum kita Convert font, kita memBack-Up terlebih dahulu data atau filenya sehingga ketika terjadi kesalahan atau hal-hal yang tidak di inginkan kita masih memiliki atau mempunyai data aslinya.
Setiap program atau aplikasi pada komputer menggunakan istilah yang berbeda-beda dalam mengConvert Font. Tetapi pengertiannya tetap sama yakni mengubah jenis font menjadi kurva. Contohnya pada :
1.     Pada CorelDraw font di ubah menjadi Curve (kurva)
2.    Pada Adobe Indesign font di ubah menjadi outline
3.    Pada Adobe ilustrator font di ubah menjadi outline
4.    Pada Freehand font di ubah menjadi Path

Adapun beberapa cara untuk Convert Font pada beberapa aplikasi komputer yang sering kita jumpai:

A.CorelDraw
Seleksi atau blok font yang diinginkan dengan menu Edit – Select all – text
Lalu convert dengan memilih menu Arrange – Convert to curve (Ctrl + Q), lalu save untuk menyimpan file.
Selain itu untuk mengatasi masalah missing font pada CorelDraw juga dapat menggunakan pilihan Prepare for service Bureau yang ada pada program CorelDraw. Dengan menu ini kita tidak perlu convert font kita menjadi kurva. Hanya menyimpan file ke dalam format .cdr beserta semua font yang digunakan. Jika menggunakan menu ini kita lakukan langkah-langkah :
  1. klik File
  2. pilih Prepare for Service Bureau
  3. klik opsi pertama (Gather all files associated with this document)
  4. klik Next
  5. tandai Copy Fonts
  6. klik Next
  7. tandai Generate pdf File (jika kita ingin menambahkan file dalam format .pdf)
  8. pilih lokasi dimana file akan disimpan
  9. klik Next
  10. klik Finish
2. Adobe Indesign
Pilih atau blok semua font Ctrl + A atau menu Edit -  Select All

Setelah semua font terpilih Convert dengan menu Arrange - Create Outlines atau
dengan menu Ctrl + Shift + O, kemudian tekan Save untuk menyimpan File.

3. Adobe Ilustrator.
Pilih semua font dengan menu Select -  Object -  Teks Object

Setelah semua font terpilih convert dengan menu Type - Create Outlines atau dengan menu Ctrl + Shift + O, kemudian tekan Save untuk menyimpan File.

4. Freehand.
Pilih semua font dengan menu Edit - Select - All

Setelah semua font terpilih Convert Font dengan menu Text - Convert to Path atau dengan Ctrl + Shift + P, kemudian tekan Save untuk menyimpan File.

Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu.



Daffa Viangga

Kontributor

BelajarGrafika.Com memuat kumpulan materi kegrafikaan yang dirangkum dari berbagai sumber oleh mahasiswa dan alumni Program Studi Teknik Grafika dan mahasiswa Teknologi Industri Cetak Kemasan, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta (TGP-PNJ).