Job Definition Format (JDF)


Job Definition Format

JDF (Job Definisi Format)  Adalah standar format file berbasis XML untuk pertukaran informasi dalam lingkungan seni grafis , dalam konteks yang lebih simple JDF juga bisa diartikan sebagai  “tiket pekerjaan” , atau “maksud pekerjaan” , tujuan format file ini dirancang adalah untuk menjembatani kesenjangan komunikasi dan mengotomatimalisasi proses untuk penyedia layanan cetak.
Teknologi JDF pertama kali diintegrasikan kedalam software Adobe Creative Suite dengan pengenalan Acrobat 7 Professional, dan konten ini adalah yang paling pertama  memiliki kemampuan (format ticketing) dimana dapat menggambarkan pekerjaan secara elektronik tepat didekstop .
Perbedaan PDF PostScript dan JDF
Meskipun ada kesamaan antara PostScript PDF dan JDF, di sisilain, ada juga perbedaan yang signifikan. Salah satu perbedaan yang paling penting adalah kenyataan bahwa file JDF adalah extensible, sedangkan PostScript dan file PDF tidak . jika file PostScript dan PDF yang lengkap dan benar maka akan mudah diproses, jika filenya tidak lengkap dan tidak benar, maka file tersebut tidak dapat digunakan. Sebaliknya, karena JDF didasarkan pada Extensible Markup Language (XML), file JDF dapat ditambahkan sebagai informasi pekerjaan dikumpulkan sepanjang proses PREMEDIA dan pencetakan oleh orang-orang dengan fungsi pekerjaan yang berbeda.
Sebuah file JDF dapat memulai hidup sebagai definisi pekerjaan tingkat tinggi yang menggambarkanhanya garis besar dan berkembang menjadi sebuah deskripsi produk rinci lengkap dengan semua yang diperlukan rincian manufaktur.
Dimana file JDF dimulai?
Sebelum Adobe Creative Suite, tiket pekerjaan JDF yang didominasi dimulai di lokasi produksi cetak, biasanya oleh Service Representative Pelanggan, yang harus secara manual menulis kan informasi yang diperoleh dari diskusi dengan desainergrafis / pelanggan. Informasi pekerjaan itu biasanya hand ditulis atau diketik ketiket pekerjaan. Karena kebanyakan dari kita tahu dari pengalaman praktis, proses ini cocok untuk kesalahpahaman dan kesalahan. Seringkali tiga pihak yang terlibat: pelanggan, desainergrafis, dan CSR di pabrik percetakan; permainan anak-anak dari "Telephone" terlalu sering menggambarkan hasil disayangkan. Selanjutnya, bahkan ketika komunikasi sempurna, kesalahan ketik yang tidak disengaja dapat menyebabkan bencana.
-Contoh Alur proses JDF

Adobe Creative Suite: link penting dalam alur kerja JDF
Masalah komunikasi dan ulang yang tidak perlu dan keterlambatan dapat diperbaiki dengan menangkap digital informasi pekerjaan hulu, dalam sebuah file deskripsi pekerjaan standar. Dengan tujuan dalam pikiran, Adobe telah memberikan pencetus konten dengan kemampuan untuk membuat file JDF pada desktop, langsung dalam perangkat lunak Adobe Creative Suite.
Yang termasuk Dekskripsi pekerjaan awal adalah :
• jumlah halaman
• ukuran halaman langsing
• kuantitas cetak
• jenis mengikat
• tinta (warna)
• saham yang diinginkan
• Jenis penutup (cover terpisah atau sendiri-cover)
tiket JDF pekerjaan, konten diverifikasi, dan siap cetak PDF
pencetus konten dapat menghasilkan tiket pekerjaan JDF dari Adobe Creative Suite dengan menggunakan dialog JDF dalam Acrobat 9 Pro. Menggunakan JDF "template" yang disediakan oleh penyedia cetak, professional kreatif yakin bahwa pengaturan produksi khusus sesuai dan memadai menggambarkan pekerjaan. Template ini biasanya mencakup pengaturan konversi PDF, profil preflight, dan mungkin juga termasuk spesifikasi pekerjaan lain yang sering digunakan.

Yudhaa Syahrizal

Kontributor

BelajarGrafika.Com memuat kumpulan materi kegrafikaan yang dirangkum dari berbagai sumber oleh mahasiswa dan alumni Program Studi Teknik Grafika dan mahasiswa Teknologi Industri Cetak Kemasan, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta (TGP-PNJ).