Continuous Tone

Continuous Tone, jika di artikan secara harfiah artinya adalah nada kontinu atau nada yang terus menerus. Namun maksud continuous tone disini adalah gambar fotografi yang tidak terdiri dari titik-titik halftone atau dengan kata lain, sebuah gambar yang terdiri dari nilai-nilai Tone mulai dari beberapa kepadatan minimum (seperti putih) sampai kepadatan maksimum (seperti hitam).

Continuous Tone terdiri dari beberapa dot yang berbeda dan menghasilkan ilusi optic jika di lihat dari kejauhan, yang menyebabkan gambar akan terlihat memiliki kepadatan yang berbeda seperti pada gambar berikut.

1.1 Continuous Tone jika di perbesar

Continouos tone juga mengacu pada gambar digital (seperti yang telah di scan) sebelum nya sedang diubah ke titik halftone. Continuous tone juga mengacu pada file bitmap gambar yang dipindai. Continuous tone sering disingkat CT atau disebut sebagai Contone.

Gambar continuous tone yang paling umum adalah foto-foto digital. Setiap piksel tunggal dapat mengambil berbagai jarak warna koninu tergantung pada jumlah cahaya ditangkap. Di sisi lain pada tingkat mikroskopis, mengembangkan film fotografi hitam-putih hanya terdiri dari dua warna. Untuk rincian, lihat film grain. Oleh karena itu, film merupakan media halftone.
1.2 Continuous Tone pada gambar digital
Contoh dari perangkat continuous tone adalah layar CRT komputer. Di sini, setiap pixel dapat mewakili warna apapun, karena komponen warna pixel yang analog dan dapat bervariasi dalam langkah-langkah tak terbatas, dan karenanya tidak perlu halftones untuk membuat warna. Tentu saja, karena komputer adalah perangkat digital, tidak dapat memberikan CRT dengan variasi infinite tone. Dalam mode warna 24-bit, menyediakan monitor dengan 256 langkah diskrit untuk setiap saluran (merah, hijau, dan biru), untuk total 16.777.216 (2563) warna diskrit. Sebuah sinyal video murni analog (yang belum dimanipulasi oleh komputer apapun) dapat memberikan variasi infinite tone di dalam gamut sendiri.






Referensi
http://www.businessdictionary.com/definition/continuous-tone.html
http://www.webopedia.com/TERM/C/continuous_tone.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Continuous_tone






Akhmad Rivardi

Kontributor

BelajarGrafika.Com memuat kumpulan materi kegrafikaan yang dirangkum dari berbagai sumber oleh mahasiswa dan alumni Program Studi Teknik Grafika dan mahasiswa Teknologi Industri Cetak Kemasan, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta (TGP-PNJ).