Mengenal PDF Preset










Prepress merupakan sebuah proses yang menjadi penentu bagaimana hasil akhir dari sebuah cetakkan. Proses ini harus dilakukan dengan tepat agar dapat memperoleh hasil maksimal. Pengaturan dilakukan dengan menyesuaikan jenis software/jenis format agar sesuai dengan fungsi/cetakkan yang akan dihasilkan, misalnya untuk proof, printer desktop, ataupun untuk penggunaan lain.  Salah satu parameter yang harus diperhatikan adalah PDF PRESET.






PDF PRESET adalah kelompok pengaturan yang mempengaruhi proses pembuatan sebuah PDF. Pengaturan ini dirancang untuk menyeimbangkan ukuran file dengan kualitas, tergantung pada bagaimana PDF digunakan. Kebanyakan komponen preset tersedia secara default di Adobe Creative Suite, termasuk InDesign, Illustrator, Photoshop, dan Acrobat. Beberapa preset tidak tersedia di beberapa komponen Creative Suite.

              

Dibawah ini adalah beberapa profil pilihan dan apa yang akan PDF ini lakukan pada color space dan transparencies :


1. HIGH QUALITY PRINT


 
               Format ini menciptakan PDF untuk kebutuhan pencetakan berkualitas pada printer desktop dan perangkat proofing. preset ini menggunakan PDF 1.4, menurunkannya warna dan grayscale gambar untuk 300 ppi dan monokrom gambar 1200 ppi, mengembed semua font, warna tidak berubah, dan tidak merata transparansi (untuk jenis file mampu melakukan transparansi). PDF ini dapat dibuka di Acrobat 5.0 dan Acrobat Reader 5.0





·         Illustrator Default (Illustrator only)

Menciptakan PDF di mana semua data Illustrator dipertahankan. PDF yang dibuat dengan preset ini dapat dibuka kembali di Illustrator tanpa kehilangan data.


·         Oversized Pages (Acrobat only)

Menciptakan PDF yang cocok untuk melihat dan pencetakan gambar teknik yang lebih besar dari 200 x 200 inci. PDF ini dapat dibuka di Acrobat dan Reader 7.0




·         PDF/A-1b: 2005 (CMYK and RGB) (Acrobat only)

Digunakan untuk pengawetan jangka panjang (arsip) dari dokumen elektronik. PDF / A-1b menggunakan PDF 1.4 dan mengkonversi semua warna baik CMYK atau RGB, tergantung pada standar yang Anda pilih. PDF ini dapat dibuka di Acrobat dan Reader versi 5.0


·         PDF/X‑1a (2001 and 2003)


 

 

 
file PDF yang dibuat dengan kepatuhan PDF / X-1a dapat dibuka di Acrobat 4.0 dan Acrobat Reader 4.0 dan kemudian.

PDF / X-1a menggunakan PDF 1.3, menurunkannya warna dan gambar grayscale 300 ppi dan monokrom gambar 1200 ppi, embeds subset dari semua font, menciptakan PDF untagged, dan merata transparansi menggunakan pengaturan Resolusi Tinggi.

Catatan: PDF / X1-a: 2003 dan PDF / X-3 (2003) preset ditempatkan di komputer Anda selama instalasi tetapi tidak tersedia sampai Anda memindahkan mereka dari folder Ekstra ke folder Settings.


·         PDF/X-3

preset ini menciptakan PDF didasarkan pada standar ISO PDF / X-3: 2002. PDF dibuat dalam pengaturan ini dapat dibuka di Acrobat 4.0 dan Acrobat Reader 4.0 atau yang lebih baru.


·         PDF/X‑4 (2008)

preset ini menciptakan ISO PDF / X-4: 2008 file mendukung transparansi yang hidup (keterbukaan tidak diratakan) dan manajemen warna ICC. file PDF diekspor dengan preset ini dalam format PDF 1.4 CS5 dan PDF 1,6 format untuk CS5.5 Anda dapat membuat PDF / X-4: 2008 langsung dari Creative Suite 4 dan 5 komponen termasuk Illustrator, InDesign, dan Photoshop. Acrobat 9 Pro menyediakan fasilitas untuk memvalidasi file PDF preflight untuk PDF / X-4: 2008 dan mengkonversi non-PDF / X file ke PDF / X-4: 2008 jika memungkinkan.

Adobe merekomendasikan PDF / X-4: 2008 sebagai format file PDF yang optimal untuk diandalkan PDF workflow penerbitan cetak.



2.   PRESS QUALITY

               Menciptakan file PDF untuk produksi cetak berkualitas tinggi (misalnya, untuk pencetakan digital atau untuk pemisahan ke imagesetter atau platesetter), tetapi tidak membuat file yang PDF / X-compliant. Dalam hal ini, kualitas konten adalah pertimbangan tertinggi. Tujuannya adalah untuk mempertahankan semua informasi dalam file PDF yang printer komersial atau penyedia layanan cetak perlu untuk mencetak dokumen dengan benar. Ini set pilihan menggunakan PDF 1.4, mengubah warna ke CMYK, menurunkannya warna dan gambar grayscale 300 ppi dan monokrom gambar 1200 ppi, embeds subset dari semua font, dan menjaga transparansi (untuk jenis file mampu transparansi).
              
               file PDF tersebut dapat dibuka di Acrobat 5.0 dan Acrobat Reader 5.0

Catatan: Sebelum membuat file Adobe PDF untuk mengirim ke printer komersial atau penyedia layanan cetak, mencari tahu apa resolusi output dan pengaturan lainnya


·         Smallest File Size




Menciptakan file PDF untuk menampilkan di web, intranet, atau untuk distribusi email. Ini set pilihan menggunakan kompresi, downsampling, dan resolusi gambar yang relatif rendah. Mengkonversi semua warna untuk sRGB dan embeds font. Ini juga mengoptimalkan file untuk byte porsi. Untuk hasil terbaik, hindari menggunakan preset ini jika Anda berniat untuk mencetak file PDF.

file PDF tersebut dapat dibuka di Acrobat 5.0 dan Acrobat Reader 5.0

·         Magazine Ads 2006 (Japan)

preset ini menciptakan PDF berdasarkan aturan penciptaan dirancang oleh panitia Pengiriman Data Digital.

·         Standard (Acrobat only)

Menciptakan file PDF yang akan dicetak ke printer desktop atau mesin fotokopi digital, diterbitkan pada CD, atau dikirim ke klien sebagai bukti penerbitan. Ini set pilihan menggunakan kompresi dan downsampling untuk menjaga ukuran file bawah, tetapi juga mengembed semua font (diperbolehkan) digunakan dalam file, mengkonversi semua warna untuk sRGB, dan cetakan untuk resolusi menengah. Perhatikan bahwa Font Windows adalah tidak tertanam secara default. file PDF yang dibuat dengan pengaturan file ini dapat dibuka di Acrobat 6.0 dan Acrobat Reader 6.0




PERBEDAAN HIGH QUALITY PRINT DAN PRESS QUALITY

PARAMETER
HIGH QUALITY PRINT
PRESS QUALITY
Konversi warna
Tidak mengkonversi warna.
mengkonversi gambar warna untuk ruang warna CMYK untuk mengakomodasi tuntutan percetakan komersial.

PPI
menurunkannya bitmap ke 300 pixel per inci untuk warna dan grayscale gambar, dan 1.200 pixel per inci untuk gambar monokrom
Warna dan grayscale gambar diturunkan sampai 300 ppi tergantung standard industry untuk percetakan komersial
Spesifikasi Fungsi
untuk kebutuhan pencetakan berkualitas pada printer desktop dan perangkat proofing
untuk produksi cetak berkualitas tinggi (misalnya, untuk pencetakan digital atau untuk pemisahan ke imagesetter atau platesetter







Ekspor ke PDF untuk pencetakan
 
Mengekspor dokumen atau buku untuk Adobe PDF adalah yang sederhana seperti menggunakan
pengaturan cetak standar kualitas tinggi, atau sebagai disesuaikan seperti yang Anda butuhkan
 untuk menjadi sesuai tugas Anda. Pengaturan ekspor PDF yang Anda tentukan akan disimpan dengan 
aplikasi tersebut, dan berlaku untuk setiap dokumen InDesign baru atau buku Anda ekspor ke PDF 
sampai Anda mengubahnya lagi. Untuk segera menerapkan pengaturan khusus untuk file PDF, 
Anda dapat menggunakan preset.
 
Anda dapat mengekspor dokumen, buku, atau dokumen yang dipilih dalam sebuah buku sebagai file PDF.
 Anda juga dapat menyalin konten dari tata letak InDesign Anda ke Clipboard, dan secara otomatis 
membuat file Adobe PDF dari konten tersebut. (Hal ini berguna untuk menyisipkan file PDF ke dalam 
aplikasi lain, seperti Adobe Illustrator.)
 
 

Pada export terdapat menu :
 
 
1.     General


     berisi Adobe PDF Preset yang kita pilih, Standard PDF, Compatibility, Description dari Adobe PDF Preset yang kita pilih tadi (ini menjelaskan spesifikasi fungsi dan kegunaannya), Pages/jumlah halaman (satu, atau halaman tertentu), Option (Embed halaman, optimise for fast web view, export layer yang terlihat dll), Include (Bookmarks, hyperlink dll).
 

 
 

2.    Compression


     berisi berapa pixels per inch & image quality dari color image, pixels per inch & image quality dari Grayscale image, pixels per inch & image quality dari monochrome image dan compress Text and Line Art.
 




Marks and bleed

berisi tanda tanda petunjuk/marks seperti crop marks, bleed marks, color bar, resgistration mark, offset dll. Kemudian terdapat pula ukuran up, bottom, inside and outside bleed.



o

4.    Advanced


     berisi Resolusi dari Transparency Flattener, OPI dan Job Definition Format.
 


5.       Security 
      berisi pilihan untuk meningkatkan keamanan dari dokumen PDF kita, dengan cara memberi password, agar tidak dapat diakses dan diedit oleh sembarang orang.



6.       Summary
      berisi rangkuman/summary dari pilihan-pilihan yang kita pilih sebelumnya.




7.   Output

      berisi pengaturan output dari cetakan, misalnya apakah harus dilakukan color convertion, dan Profile Inclusion Policy. 
 










Cara mengimpor PDF PRESET ke dalam Adobe Indesign, Adobe Illustrator,  dan  Adobe Acrobat Distiller

1. IMPOR PDF PRESET ke dalam ADOBE INDESIGN

Dari INDESIGN di bagian atas jendela klik> FILE> ADOBE PDF Preset> DEFINE> LOAD> Arahkan ke file PDF Preset yang Anda download> HIGHLIGHT PDF PRESET FILE> OPEN> FINISH. PDF Preset sekarang dimuat ke Adobe Indesign.

MENCIPTAKAN PDF FILE DARI INDESIGN

Dari INDESIGN di bagian atas jendela klik> FILE> ADOBE preset> DUKE PDF> CHOOSE LOCATION TO SAVE PDF TO > SAVE> EKSPOR

CATATAN: Nama file tidak boleh ada lebih dari 31 karakter termasuk ekstensi .pdf.

2. IMPOR PDF PRESET ke dalam ADOBE ILLUSTRATOR

Dari ILLUSTRATOR di bagian atas jendela klik> preset EDIT> PDF> IMPOR> Arahkan ke file PDF Preset yang Anda download> HIGHLIGHT PDF PRESET FILE> OPEN. PDF Preset sekarang dimuat ke Adobe Illustrator.

MENCIPTAKAN PDF FILE DARI ILLUSTRATOR

Dari ILLUSTRATOR di bagian atas jendela pergi ke> FILE> SAVE AS> MEMILIH LOKASI UNTUK MENYELAMATKAN FILE TO> BERIKAN NAMA FILE> SAVE AS TYPE> ADOBE PDF> SAVE> SELECT ADOBE PDF PRESET> DUKE PDF> SAVE PDF.

CATATAN: Nama file tidak boleh ada lebih dari 31 karakter termasuk ekstensi .pdf.

3. IMPOR PDF PRESET ke dalam Adobe Acrobat Distiller

Jika Anda memiliki Adobe Acrobat Distiller dan Anda ingin mengimpor PDF Preset. Dari ADOBE Acrobat Distiller di bagian atas jendela pergi ke> SETTINGS> ADD ADOBE PENGATURAN PDF> Arahkan ke file PDF Preset yang Anda download. > SOROT PDF PRESET FILE> OPEN. PDF Preset sekarang dimuat ke Adobe Acrobat Distiller.



Berikut adalah video tutorial export untuk mempermudah :







Sources :

rani setyani

Kontributor

BelajarGrafika.Com memuat kumpulan materi kegrafikaan yang dirangkum dari berbagai sumber oleh mahasiswa dan alumni Program Studi Teknik Grafika dan mahasiswa Teknologi Industri Cetak Kemasan, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta (TGP-PNJ).