Aplikasi Personalize Printing dalam Cetakan

Sebelum membahas lebih dalam apa itu personalize printing, maka kita harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan personalize printing, serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari maupun kegiatan pencetakan

Pengertian Personalize Printing
Personalize Printing merupakan salah satu bagian dalam digital pre-press yang biasanya digunakan untuk pencetakan yang menginginkan suatu personalisasi pada gambar yang ingin dicetak atau bisa juga disebut “costumize printing”. Berdasarkan pengertian tersebut, itu berarti produk yang dihasilkan akan dibuat secara khusus sesuai dengan keinginan. Dimana biasanya ada sedikit banyak perbedaan atau modifikasi yang disesuaikan dengan selera pemakainya.

Teknik dan Media Yang Digunakan Dalam Personalize Printing
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa personalize printing merupakan gabungan teknik cetak dalam satu produk yang di modifikasi atau “costum”. Gabungan beberapa teknik cetak yang digunakan dalam cara pembuatannya, misalnya seperti offset, sablon, dan Letterpress. Selain teknik cetaknya yang bervariasi, media cetaknya pun juga bervariasi bisa diatas kertas, tekstil, gelas, keramik, kaca dan logam.
Ada beberapa produk cetakan yang menggunakan aplikasi personalize printing dalam proses pembuatannya, seperti kartu undangan baik undangan pernikahan maupun undangan ulang tahun, selain itu ada juga kartu nama, poster, spanduk, bahkan kaos/t-shirt pun bisa diaplikasikan dalam personalize printing. Tentunya dengan menggunakan teknik cetak yang sudah ada ditambah dengan sedikit modifikasi untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda dari produk lainnya dan juga disesuaikan dengan keinginan pemesan dalam jumlah yang terbatas

Aplikasi Personalize Printing Dalam Produk Cetakan

1. Undangan

Salah satu aplikasi dari personalized printing adalah kartu undangan pada gambar diatas. Terlihat bahwa antara satu undangan dengan undangan lainnya berbeda, ini karena undangan tersebut disesuaikan dengan keinginan sang pemesan. Selain produk yang dihasilkan dari personalized printing inipun jumlahnya sedikit alias terbatas.

Ada beberapa teknik cetak yang bisa digunakan untuk membuat undangan tersebut, seperti offset dan letterpress. Seperti yang terlihat pada undangan yang berwarna ungu, disitu ada tulisan-tulisan yang berwarna putih. Nah, tulisan itulah yang dicetak dengan menggunakan cetak offset. Lain lagi dengan undangan yang berwarna merah disitu tulisannya di beri emas-emas seperti itu. Nah, emas-emas itu dihasilkan dari teknik cetak letterpress yang biasa disebut cetak poli atau ada juga yang menyebut Hot Foil.

Lain lagi dengan undangan yang berwarna biru, yang membuatnya disebut personalized printing (pencetakan yang personal/khusus) adalah karena adanya modifikasi pada bagian muka dari undangan tersebut. Dimana pada bagian tengahnya dipotong memanjang kebawah, sehingga undangan tersebut bisa dibuka dan memberikan kesan seperti pintu yang terbuka.


2.    Kartu Nama




Kartu nama diatas juga merupakan aplikasi personalized printing dalam produk cetakan. Dulu sebelum digital printing berkembang dengan pesat, untuk membuat kartu nama tersebut bisa menggunakan teknik cetak letterpress. Namun, untuk saat ini karena letterpress sudah jarang, ditambah lagi biaya pembuatan acuan yang mahal, karena menggunakan logam dan harus dibentuk secara manual dengan di pahat, maka digunakanlah teknik digital printing.

Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit dan efisien serta cepat. Dimana untuk membuat desainnya cukup menggunakan software yang ada di computer baik illustrator maupun photoshop. Lalu disimpan dengan format pdf dan langsung di print dengan menggunakan mesin digital printing layaknya printer yang ada di rumah.


3. Pada Kemasan atau Tas Totebag




Selain pada kemasan, bisa juga digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar pada totebag. Untuk yang ada pada gambar, pada bagian permukaan depannya (pada bagian tulisan dan gambarnya) diberikan efek seperti emas. Nah, untuk membuatnya digunakanlah teknik cetak hotfoil. Hotfoil ini ilustrasinya sama seperti saat kita mencetak (mengecap) stempel diatas kertas hanya bedanya kalau hot foil ini menggunakan mesin press dengan suhu yang panas sedangkan stempel tidak. Prosesnya cukup dengan menempelkan foil (misalnya berwarna emas)  diatas totebag nya lalu dengan menggunakan mesin press, totebag tersebut di press dengan suhu sekitar 70 derajat selama 3 menit. Maka otomatis foilnya akan menempel diatas permukaan totebagnya ataupun media lain yang digunakan.


4. POSTER/SPANDUK/BANNER


Aplikasi personalize printing juga bisa digunakan pada pembuatan poster/spanduk/banner. Biasanya untuk proses pembuatan ketiganya menggunakan digital printing. Proses nya hampir sama seperti pada pembuatan kartu nama diatas. Namun berbeda ukurannya karena untuk poster/spanduk/banner biasanya dibuat dalam ukuran yang besar. Selain itu jumlah cetakannya pun sedikit tidak sampai ribuan. Yang membuat ini sifatnya personalize (personal) adalah karena temanya yang berbeda-beda antara satu cetakan dengan cetakan lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan sang pemesan.


5.  Cetakan pada Mug, piring, atau balon





Personalize printing tidak hanya untuk media dari kertas atau karton saja, media seperti mug atau piring sekalipun dapat digunakan sebagai tempat untuk mencetak. Yang membuat keduanya personalize (personal) adalah pada mug dan piring tersebut bisa dicetak foto kita diatas permukaannya. Teknik seperti ini tidak hanya ada di luar negeri, namun di Indonesia sekalipun ini sudah sering digunakan. Dan satu media yang juga sering digunakan, namun terkadang kita tidak sadar adalah balon, biarpun balon terbuat dari karet namun pada permukaannya bisa dicetak dengan cara custom ini (personalize printing). Tulisan atau gambar yang dicetak baru bisa terlihat jelas saat balon sudah mengembang. Untuk teknik cetaknya sendiri menggunakan sistem cap seperti pada stempel.


Referensi :
www.anekawarna.com
myhellorainbow.blogspot.com/2013/03/pengertian-digital-printing.html
https://www.papyrusonline.com/custom-printing

Michael Elvin

Kontributor

BelajarGrafika.Com memuat kumpulan materi kegrafikaan yang dirangkum dari berbagai sumber oleh mahasiswa dan alumni Program Studi Teknik Grafika dan mahasiswa Teknologi Industri Cetak Kemasan, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta (TGP-PNJ).